Visi, Misi dan Profil Lulusan

Program Studi PGSD merupakan salah satu program studi pada Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Semenjak berdirinya program studi visi yang ditetapkan mengarah pada penerapan dan implementasi Tri Dharma perguruan tinggi. Sebagai salah satu program studi yang bergerak di bidang pendidikan dengan tugas utama menghasilkan luaran guru yang berkualitas dan professional.

Visi dan misi Program Studi PGSD dirumuskan secara bersama dengan melibatkan unsur pimpinan fakultas dan beberapa dosen senior dari program studi lain (dokumen pendukung). Visi dan misi program studi PGSD disusun dengan memperhatikan visi dan misi Universitas Tadulako serta visi dan misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dan menjadi induk bagi Program Studi PGSD. Pertimbangan lain dalam menyusun visi misi adalah spesifikasi program studi PGSD dimana tujuan akhirnya adalah menghasilkan calon guru SD dengan kompetensi yang berkualitas.

Visi dan misi

Visi

“Pada tahun 2020 Program Studi PGSD unggul dalam pengabdian kepada masyarakat melalui penelitian, pendidikan dan layanan pembelajaran calon guru SD.”

Misi

Untuk mencapai visi tersebut, maka misi Program Studi PGSD FKIP Universitas Tadulako memiliki rumusan sebagai berikut :

  1. Mengembangkan inovasi dan kreativitas di bidang pendidikan dan pengajaran SD.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat secara berkesinambungan.
  3. Menghasilkan lulusan calon Guru SD yang professional namun ditunjang oleh kemampuan berwiraswasta.

Profil Lulusan

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai :

  1. Tenaga Pendidik pada jenjang  sekolah dasar  yang   mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi  dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran  serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi dan Kewirausahaan Pendidikanpada satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.