DESKRIPSI
Mata Kuliah
No |
Kode MK |
Nama MK |
Bobot sks |
Bahan Kajian: Materi Pembelajaran |
1
|
U001171001 |
Pendidikan Agama |
3 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menyajikan materi tentang konsep alam dan kehidupan dan isinya, sifat dan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, pokok-pokok Agama, pengolaan disiplin ilmu agama dan ilmu pengetahuan, serta hubungan agama dan kehidupan masyarakat.
Materi Pembelajaran :
|
U001171004 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini membahas tentang landasan, fungsi, ruang lingkup, serta tujuan PPKn, Pendekatan dan struktur PPKn SD,GBPP PPKn dalam kurikulum SD, strategi belajar mengajar PPKn SD, media pengajaran PPkn SD, evaluasiPPKn, serta proses pembelajaran PPkn SD.
Materi Pembelajaran : Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa dapat memahami landasan, fungsi, ruang lingkup serta tujuan diajarkannya PPKn di SD, memahami karakteristik PPkn sebagai pendidikan afektif, meyakini nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memiliki keterampilan dalam memilih dan mengorganisasikan materi pelajaran PPkn untuk tingkat SD, memiliki keterampilan memilih srategi,metode dan media pengajaran yang sesuai dengan karakteristik anak SD, memiliki kemampuan melakukan penilaian proses dan hasil, memiliki keterampilan merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil belajar melalui proses pembelajaran PPKn SD. |
|
3 |
U001171002 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menyajikan materi tentang sejarah perjuangan bangsa, UUD 45, GBHN, nilai, sikap, dan perilaku yang bersumber dari Pancasila, serta keterampilan dalam menganalisis masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan Pancasila.
Materi Pembelajaran : Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa mampu menguasai sejarah perjuangan bangsa, UUD 45, GBHN, dan perilaku yang bersumber dari Pancasila, serta memiliki keterampilan dalam menganalisis masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan Pancasila dan mengaplikasikannya dalam kehidupan seharihari. |
4 |
U001171003 |
Bahasa Indonesia |
2 |
Bahan Kajian: Mata kuliah ini menyajikan materi tentang tipetipe kesalahan ejaan dalam karangan siswa SD; tata tingkat unit bahasa (unsure segmental dan suprasegmental); proses dan keterampilan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis; hakikat dan metode puisi; latar, tokoh, alur, tema dan pesan dalam sebuah cerita; cirri-ciri bahasa Indonesia tulis, cirri-ciri bahasa Indonesia lisan; strategi scenning dan skimming untuk keperluan membaca mandiri; merespon teks secara tertulis; menbuat abstrak, simpulan, resume, dan synopsis; menulis berita dan artikel; apresiasi sastra ( membaca, mendengarkan atau menonton, dan menganalisis karya sastra, serta menghubungkannya dengan kehidupan); ekspresi sastra (mengekspresikan pengindraan, perasaan hati, pemikiran, perenungan, atau penghayatan tentang kehidupan dalam karya sastra), hakikat bahasa; dan kaitan hakikat bahasa dan perolehan bahasa.
Materi Pembelajaran
|
5 |
A00171004 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang: Keberadaan dan hakekat diri manusia sebagai makhluk alamiah dan sosial, Kebutuhan dan pola hubungan antar manusia sebagai insan pendidikan (homo educandum), Arti filsafat dan makna pendidikan, Pendekatan filsafat dalam pendidikan, Pandangan esensialisme dalam pendidikan, Pandangan pherenialisme dalam pendidikan, Teori pengetahuan dan nilai, Pengembangan nilai untuk pendidikan manusia seutuhnya, Pendidikan sebagai pelestarian nilai dan perubahan sosial, Pendidikan sebagai hak dan kewajiban semua warga negara, Peningkatan kesempatan dan mutu pendidikan yang adil bagi semua warga negara, Pendidikan individu dan pendidikan masyarakat, Problematikan dalam reformasi dan konsepsi pendidikan Indonesia masa depan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep filsafat pendidikan sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan proses pendidikan sejalan dengan landasan filsafat pendidikan
Materi Pembelajaran : Pengantar Filsafat pendidikan, keberadaan dan hakikat diri manusia sebagai makhluk alamiah dan social, pola hubungan antar manusia sebagai insan pendidikan, arti filsafat dan makna pendidikan, pendekatan filasafat dalam pendidikan, pandangan esensialisme, pherenialisme dalam pendidikan, teori pengetahuan dan nilai, pengembangan nilai untuk manusia seutuhnya, pendidikan sebagai pelestarian nilai dan perubahan sosial, pendidikan sebagai hak dan kewajiban semua warga negara, pendidikan individu dan pendidikan masyarakat, problematika pendidikan dalam reformasi dan konsepsi pendidikan Indonesia di masa depan |
6 |
A00171001 |
Pengantar Pendidikan |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji hakikat manusia dan pengembangannya, hakikat pendidikan, landasan dan asas pendidikan di Indonesia, UURI tentang Sisdiknas, pedoman operasional pelaksanaan Sisdiknas serta hirarki tujuantujuan pendidikan.
Materi Pembelajaran : Hakikat manusa dan pengembangannya (sifat hakikat, wujud sifat hakikat dan dimensidimensi hakikat manusia), hakikat pendidikan (pengertian, unsur-unsur, pendidikan sebagai sistem, keterkaitan pendidikan dan pengajaran), landasan dan asas pendidikan di Indonesia, yang meliputi landasan filosofi, psikologis, social budaya, landasan hokum dan arah pendidikan nasional, UURI tentang Sisdiknas, pedoman operasional pelaksanaan Sisdiknas serta hirarki tujuan-tujuan pendidikan.
|
7 |
A00171004 |
Profesi Kependidikan |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dan prinsip profesi, profesional, profesionalisme, profesionalitas, profesi kependidikan, kompetenesi guru, sistem pendidikan guru profesional, komponen-komponen pendidikan profesional guru, permasalahan guru profesional serta pengembangan keprofesionalan guru. Perkuliahan ini dilaksanakan dalam bentuk teori, penugasan dan diskusi, pemecahan kasus (case method) melalui daring. Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep dan prinsip profesi kependidikan, memhamai empat kompetensi guru, memahami sistem pendidikan guru professional serta mampu menganalisis permasalahan guru professional dan pengembangan guru professional.
Materi Pembelajaran :
|
8 |
A00171002 |
Perkembangan Peserta Didik |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini membahas tentang hakikat perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, anak berkebutuhan khusus, tahap dan tugas perkembangan, hakikat belajar, proses dan teori belajar, belajar dan perbedaan individual, cara belajar, belajar tuntas, intelejensi, motivasi, keragaman individual dalam kecakapan, dan pengaruh keluarga dan masyarakat terhadap perkembangan anak.
Materi Pembelajaran :
|
9 |
A00171003 |
Belajar dan Pembelajaran |
2 |
Bahan Kajian : diharapkan mahasiswa dapat menerapkan konsep dan model pembelajaran di kelas. Pengalaman belajar yang harus dilalui mahasiswa selain mengkaji dan memahami materi-materi yang berhubungan dengan topictopik yang terkandung dalam BMP dan program fidio, mahasiswa harus mencoba menerapkan materi yang telah dipelajari. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan dibekali dengan topic-topik dasar kurikulum, motivasi belajar, konsep multiple intelegense, pendekatan CBSA, konsep dan prosedur evaluasi belajar dan pembelajaran, serta perbaikan pembelajaran dan implikasinya dalam program pembelajaran. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai TM dan UAS.
Materi Pembelajaran :
|
10 |
A09171018 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
3 |
Bahan Kajian : Mata Kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar riset, riset dalam pendidikan,langkah-langkah di dalam riset khususnya di bidang ilmu pendidikanm dan menyusun proposal penelitian melalui bimbingan kelas yang berkaitan dengan ilmu pendidikan.
Materi Pembelajaran :
|
11 |
A09171009 |
Matematika Dasar |
3 |
Bahan Kajian : Menyajikan materi penalaran induktif dan deduktif dalam matematika; persamaan dan pertidaksamaan; relasi dan fungsi; trnsformasi dan geometri; kalkulator dan komputer sebagai alat belajar matematika SD; pangkat tak sebenarnya, logaritma; serta pemecahan masalah dalam matematika.
Materi Pembelajaran :
|
12 |
A09171031 |
Statistik Pendidikan |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji statistik dan statistika, teori peluang, penyajian data, ukuran gejala pusat, ukuran lokasi, ukuran penyebaran, ukuran kemiringan dan kecembungan, distribusi peluang
Materi Pembelajaran :
|
13 |
A09171037 |
Teori dan Sejarah Sastra Indonesia |
2 |
Bahan Kajian Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat sastra, konsep dasar dan studi sastra, genre sastra, perkembangan teori sastra, aliran sastra, pembelajaran sastra melalui pengalaman, sastra anak, perkembangan sejarah sastra indonesia tahun 1600-1933,perkembangan sejarah sastra Indonesia tahun 1933-1970, perkembangan sejarah sastra Indonesia tahun 1970 sampai angkatan 2000. Materi Pembelajaran
|
14 |
A09171015 |
Konsep Dasar Sains SD |
3 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menyajikan pembahasan tentang konsep-konsep tumbuhan, hewan, materi, sifat, kegunaan dan perubahannya; struktur atom; ikatan kimia; larutan; energi; gaya dan gerak; bunyi; suhu dan bahang; cahaya dan alat optic; listrik dan magnet; konduktor dan isolator panas; alam semesta; tata surya; bumi dan strukturnya; pemanfaatan hasil perkembangan teknologi di lingkungan terdekat untuk menunjang pembelajaran sains di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran : Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa memiliki kompetensi keterampilan proses sains dan kerja ilmiah untuk memahami tumbuhan, hewan, dan bagian-bagiannya, materi, sifat kegunaan dan perubahannya, struktur atom;ikatan kimia;larutan;energi; gaya dan gerak; bunyi; suhu dan bahang; cahaya dan alat optic; listrik dan magnet; konduktor dan isolator panas; alam semesta; tata surya; bumi dan strukturnya melalui berbagai metode teknologi di lingkungan terdekat untuk menunjang pembelajaran sains di sekolah dasar. |
15 |
A09171013 |
Konsep Dasar IPS |
2 |
Bahan Kajian : Agar mahasiswa memahami konsep-konsep dasar dan memiliki wawasan tentang ilmu-ilmu social yang dibutuhkan untuk mengembangkan materi pengajaran IPS di SD dan, memiliki kemampuan mengajarkannya sesuai dengan kebutuhan dan konteks lingkungannya.
Materi Pembelajaran : Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep dasar IPS, yang bersumber dari ilmu-ilmu sejarah, goegrafi, ekonomi/koperasi, politik, sosiologi, antropologi dan psikologi social. Termasuk didalamnya kebudayaan, perubahan/perkembangan, nasionalisme/revolusi, pemerintahan, konflik, kerjasama, lokasi/tempat, perpindahan, region, kebutuhan manusia, keterbatasan sumber ekonomi, factor produksi, lembaga-lembaga ekonomi, kekuasaan, pengaruh dan wewenang pemerintah, individu, masyarakat, dan perubahan social
|
16 |
A09171014 |
Konsep Dasar PKn SD |
2 |
Bahan Kajian : Mengkaji Materi Tentang Konsep Dasar Nilai-Nilai Pancasila, Konstitusi Indonesia, Perundang-Undangan Nasional Dan Demokrasi Indonesia, Mendalami Tentang Konsep Dasar Pkn Dalam Materi Di Sekolah Dasar Serta Mampu Mengembangkan Dan Menerapkan Dalam Kehidupan Bermasyarakat Dan Bernegara.
Materi Pembelajaran : Nilai-Nilai Pancasila, Pelaksanaan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Konstitusi Negara Republik Indonesia, Penyimpangan Terhadap Kontitusi di Indonesia, Hasil-Hasil Amandemen UUD 1945, Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional, Proses Pembuatan Peraturan Perundang Undangan Nasional, Hakikat Demokrasi, Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung, Pentingnya Kehidupan Demokrasi dan Makna Kedaulatan Rakyat |
17 |
A09171028 |
Persfektif Global |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi dan berbagai isu global.
Materi Pembelajaran :
|
18 |
A09171035 |
Pendidikan IPS SD |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menjelaskan tentang: Menjelaskan latar belakang pendidikan IPS, rasional mempelajari IPS, pengertian pendidikan IPS, mengidentifikasi hubungan antara ilmu-ilmu sosial dengan IPS, tujuan pendidikan IPS, peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi, konsep-konsep dasar ilmu-ilmu sosual, perilaku sosial, perubahan sosial, konflik sosial, pendekatan kognetif dalam pendidikan IPS, pendekatan sosial, personal, dan perilaku dalam pendidikan IPS.
Materi Pembelajaran :
|
19 |
A09171021 |
Pendidikan Multikultur |
2 |
Bahan Kajian : Mata Kuliah ini mengkaji tentang teori, pendekatan, hakikat, makna, implikasi, dasar, tujuan, dan fungsi pendidikan multikultural, permasalahan pendidikan multikultural di Indonesia, dan peran penting sekolah dasar sebagai lembaga pengembangan kebudayaan.
Materi Pembelajaran :
|
20 |
A09171033 |
Teknologi, Informasi dan Komunikasi |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji tentang teknologi informasi, sistem komputer, internet, etika penggunaan teknologi informasi dan manajemen data.
Materi Pembelajaran :
|
21 |
` 001171009 |
Bahasa Inggris 1 |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini berorientasi pada pengajaran kemampuan berbahasa asing sederhana yang meliputi empat keterampilan bahasa,yaitu listening, speaking, reading, dan writing, serta komponen bahasa, yaitu: grammer, vocabulary, dan pronunciation. Topik pengajaran berfokus pada kemampuan dasar bahasa Inggris yang mencakup self introdukton, to be, greetings, describing persons & things, English alphabets, speliing, members, frequency, times, countries & nasionalities, jobs & professions, questions, family, habits &traditions, adverbs of time, ongoing activities, quantities, countable & uncantable nouns, dan quantifers.
Materi Pembelajaran : Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan dasar bahasa Inggris untuk di ajarkan pada tingkat sekolah dasar
|
22 |
MKK 019 |
Bahasa Inggris 2 |
2 |
Bahan Kajian : Matakuliah ini adalah mata kuliah lanjutan dari bahasa inggris satu. Mata kuliah ini beroreantasi pada kemampuan berbahasa asing sederhana yang meliputi keterampilan berbahasa listening, speaking,reading,dan writing, serta komponen bahasa pendukung, yaitu gramer, vocabulary, dan ronanciacion. Materi pengajaran dalam mata kuliah ini diarahkan pada topic-based learning yang meliputi meal times; types of foods; adverbs of frequencies; countable dan uncantable nouns; describing objects & people; degress of comparison; directions; past events; reading text ; present perfect tens; presents perfect countious tense; reading tables, diagram, & maps; ftire plans; dan modal auxiliaries.
Materi Pembelajaran : meal times; types of foods; adverbs of frequencies; countable dan uncantable nouns; describing objects & people; degress of comparison; directions; past events; reading text ; present perfect tens; presents perfect countious tense; reading tables, diagram, & maps; ftire plans; dan modal auxiliaries
|
23 |
A09171039 |
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Kaili |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menyajikan deskripsi kaidah bahasa kaili: keterampilan bahasa kaili; sastra; wacana yang berbahasa kaili; dan cerita rakyat.
Materi Pembelajaran : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dan menanggapi secara kritis kaidah bahasa kaili; wacana fiksi berbahasa kaili baik lisan maupun tulisan serta menggunakannya secara kreatif; berbicara menyampaikan cerita, berpidato, berdialog, berpendapat dengan menggunakan bahasa kaili secara komunikatif, menulis naskah untuk cerita anak, naskah puisi untuk anak dan naskah pidato untuk berbahasa kaili. |
24 |
A09171012 |
Pengantar Komputer |
3 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dasar komputer meliputi konsep dasar komputer, sejarah komputer, penggolongan komputer, komponen komputer, pengoperasian komputer, penggunaan system komputer, serta penggunaan software aplikasi mengolah kata, mengolah angka dan persentase.
Materi Pembelajaran : Sejarah Komputer, Komputer dan Aplikasinya Komputer dan Bagian-Bagiannya, Dasar-Dasar Hardware Komputer, Dasar-Dasar Software Komputer, Sistem Bilangan, File dan Direktori Komunikasi Data, Bahasa Pemrograman Keamanan Komputer, Etika Komputer
|
25 |
A09171024 |
Pendidikan Seni Musik |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menyajikan wawasan seni, fungsi seni, pengertian seni musik, jenis alat musik, proses cipta lagu anak, pembelajaran musik dan cara membunyikan aneka alat musik, serta menyanyikan lagu daerah sesuai dengan alat musik yang dikuasai.
Materi Pembelajaran : Ragam dan Fungsi Musik, Metode Solfegio Notasi Musik, Tanda Kunci dan Kromatis Unsur-unsur Musik, Teknik Vokal
|
26 |
A09171022 |
Pendidikan Seni Rupa |
2 |
Bahan Kajian: Mata kuliah ini menyajikan seni, konsep pendidikan seni, karakteristik seni rupa anakanak, ruang lingkup seni rupa, apresiasi seni rupa, produksi seni rupa dwiwatra, produksi seni rupa trimatra, bangunan dan penataan, perencanaan dan pelaksaan pembelajaran seni rupa.
Materi Pembelajaran : wawasan seni dan ruang lingkupnya, konsep pendidikan seni di SD dan pendekatan pembelajarannya, karakteristik seni rupa SD, ruang lingkup seni rupa, apresiasi seni rupa, terampil kreatif berolah seni rupa dua dimensi, berkarya seni patung, membuat karya kerajinan tangan, berolah seni rupa dalam bentuk desain bangunan dan penataannya, memahami materi seni rupaSD dan penerapannya. |
27 |
A09171023 |
Pendidikan Seni Tari dan Drama |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini merupakan pembelajaran seni taridrama yang dilandasi prisip pendidikan melalui seni. Cakupan materi terdiri atas: seni sebagai media pendidikan, ruang lingkup seni tari-drama, karakteristik gerak anak dan tari anak, apresiasi seni tari-drama, pengalaman studio seni tari-drama dan perbuatan satuan pembelajaran secara terpadu dengan mata pelajaran lain.
Materi Pembelajaran : Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa memiliki pemahaman terhadap tari-drama dan karakteristik gerak dan tari anak, kemampuan berolah seni tari-drama, sikap menghargai karya seni tari-drama, serta pemahaman tentang wawasan kependidikan seni tari-drama untuk siswa SD dari kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran tari-drama untuk siswa SD.
|
28 |
MKB 005 |
Strategi Belajar Mengajar |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori belajar dan pembelajaran dan diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan menggunakkannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas Materi Pembelajaran : Belajar Pembelajar, Tujuan Belajar Pembelajar, Keterampilan Mengajar, paikem, Strategi Belajar Mengajar, 10 Hal Tentang Mengajar, Paradigma Alternatif Pembelajaran, Evaluasi Belajar dan Pembelajaran, Toxonomi Pendidikan, PrinsipPrinsip Belajar
|
29 |
A09171017 |
Media Pembelajaran |
3 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar pengembangan media yang dimulai dari perencanaan dengan menganalisis kebutuhan, desain dengan membuat prototife, dan development yaitu produksi media pembelajaran yang relevan dengan SD
Materi Pembelajaran : Konsep Dasar Media Jenis-jenis dan kriteria, media pembelajaran yang relevan di SD Analisis kebutuhan media Konseptualisasi media (Planning) Rancangan Media (Design) Produksi Media (Development)
|
30 |
A09171016 |
Manajemen Berbasis Sekolah |
3 |
Bahan Kajian : Mengkaji : konsep dan prinsip MBS, karaketeristik MBS, fungsi-fungsi manajemen, perancangan MBS (perumusan persoalan sekolah dan solusinya; pengembangan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah; penyusunan program, kegiatan, dan anggaran sekolah), serta implementasi dan evaluasi penerapan MBS
Materi Pembelajaran : Pengertian MBS, Fungsi Sekolah, Basis Pendidikan, Prinsip-Prinsip Sekolah, Sejarah MBS, Karakteristik MBS, Mutu Pendidikan dan Kriteria sekolah efektif, Visi Institusi Profesional dalam MBS, Strategi Pembaruan Menuju MBS, Perencanaan Peningkatan Kinerja Sekolah, Pengorganisasian dalam MBS, Penganggaran dalam rangka MBS, Kepemimpinan Sekolah, Evaluasi Penerapan MBS. |
31 |
A09171038 |
Skripsi |
6 |
Bahan Kajian : Materi Pembelajaran : |
32 |
A09171011 |
Keterampila n Menulis SD |
2 |
Bahan Kajian Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar menulis SD, model pembelajaran menulis di SD, perancangan tulisan, pengembangan paaragraf, penulisan resproduktif, penulisan kreatif, penulisan prosa, penulisan pertanyaan dan defiisi, surat menyurat dinas, dan penyusunan catatan.
Materi Pembelajaran
|
33 |
A09171030 |
Sains, Teknologi, Masyarakat dan Lingkungan |
2 |
Bahan Kajian : Mata Kuliah ini mengkaji tentang struktur dan materi pembelajaran IPA untuk sekolah dasar, arah pengembangan pembelajaran IPA, kelebihan dan kekurangan pendekatan pembelajaran SALINGTEMAS serta langkah-langkah dan tahap pembelajarannya.
Materi Pembelajaran :
|
34 |
A09171021 |
Model Pembelajaran Matematika SD |
3 |
Bahan Kajian : Didalam mata kuliah ini akan dibahas pendekatanpendekatan pembelajaran yang menuntut peserta didik lebih aktif di dalam membangun pemahaman mereka sendiri dalam setiap kegiatan pembelajaran matematika, yaitu pendekatan kontektual ( CTL), pendekatan Pembelajaran Matematika Realistic (PMR), Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving), Pengajuan Masalah (Problem Posting), dan Pendekatan Open Endid. Model-model pembelajaran tersebut dikembangkan melalui suatu model pengembangan professional guru, yaitu Lesson Study
Materi Pembelajaran :
|
35 |
|
Pembelajaran Bilangan SD |
3 |
Mata kuliah ini menyajikan materi tentang GBPP matematika SD, teori belajar, strategi pembelajaran matematika di SD, pembelajaran bilangan dan lambangnya, bilangan cacah, bilangan bulat, FPB dan KPK, pecahan, perbandingan dan skala, bilangan rasional serta pembelajarannya.
Materi Pembelajaran :
|
36 |
A09171048 |
Pembelajaran Geometri |
3 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini menyajikan materi tentang bangun-bangun datar, simetri, bidang banyak, bangun ruang, pengukuran, pengelolaan data serta pembelajarannya di sekolah dasar. Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa mampu mengkaji dan menggunakan pengetahuan konseptual dan procedural elementer tentang materi geometri, pengukuran dan statistika, serta pembelajarannya di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran : Bangun-bangun datar Simetri Bidang Banyak Bangun Ruang Pengukuran Pengolahan Data Pembelajaran Geometri di SD |
37 |
A09171051 |
Pembelajara n Sains SD |
3 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dan praktek-praktek pembelajaran sains di sekolah dasar. Materi Pembelajaran :
|
38 |
A09171045 |
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah |
2 |
Bahan Kajian: Mata kuliah ini menyajikan tentang substansi materi ajar bahasa Indonesia SD kelas 1 dan 2 ; cakupan materi ajar bahasa Indonesia SD kelas 1 dan 2; analisis buku-buku teks bahasa Indonesia kelas 1 dan 2; pemilihan materi ajar bahasa Indonesia untuk SD kelas 1 dan 2; penataan materi ajar bahasa Indonesia untuk SD kelas 1 dan 2 ; representase materi ajar bahasa indonesi Sd kelas 1 dan 2 sesuai dengan tujuan pembelajaran; mengembangkan materi ajar bahasa Indonesia Sd kelas 1 dan 2; rencana pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas 1 dan 2; demonstrasikan (simulasi) pembelajaran bahasa Indonesia di Sd kelas 1 dan2; kaitan materi pelajaran bahasa Indonesia dengan kehidupan sehari-hari di Sd kelas 1 dan 2.
Materi Pembelajaran Substansi materi ajar bahasa Indonesia kelas rendah Cakupan materi ajar bahasa Indonesia kelas rendah Analisis buku teks bahasa Indonesia Penataan materi bahasa Indonesia di kelas rendah Perenccanaan dan demostrasi (simulasi) pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah. |
39 |
A09171046 |
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi |
2 |
Bahan Kajian Mata kuliah ini menyajikan tentang materi ajar bahasa Indonesia SD kelas III s.d VI; cakupan materi ajar bahasa Indonesia SD kelas III s.d VI; analisis buku-buku teks bahasa Indonesia SD kelas III s.d VI; pemilihan materi ajar bahasa Indonesia untuk SD kelas III s.d VI; penataan materi ajar bahasa Indonesia untuk SD kelas III s.d. VI;representasi materi ajar bahasa Indonesia SD kelas III s.d VI sesuai tujuan pembelajaran; pengembangan materi ajar bahasa Indonesia SD kelas III s.d VI;rencana pembelajaran bahasa Indonesia SD III s.d VI;demonstrasi (simulasi) pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas III s.d. VI; dan kaitan materi pelajaran bahasa Indonesia dengan kehidupan sehari-hari SD kelas III s.d VI.
Materi Pembelajaran
|
40 |
A09171029 |
Pendekatan dan Model Pembelajaran Bahasa |
2 |
Bahan Kajian: mata kuliah ini menyajikan tentang hakikat model dan metode pembelajaran, pendekatan whole language, pendekatan keterampilan proses, pendekatan komunikatif, pendekatan pragmatik, pendekatan interaksi sosial, model directed thinking activity, model pembelajaran KWL ( know, want, learn), model ecola, model DLA ( direct listening actiities), model brainstrorming, model roundtable, model listening team.
Materi Pembelajaran:
|
41 |
A09171049 |
Pembelajaran IPS SD |
4 |
Bahan Kajian : Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa dapat mempersiapkan diri menjadi guru IPS di SD yang memiliki pengetahuan, dan keterampilan untuk mengembangkan berbagai Negara yang demokratis dengan melibatkan siswa dalam kegiataan belajar yang dapat mengembangkan kemampuan membuat keputusan yang didasarkan pertimbangan nasional dan manusiawi di dalam dunia semakin independent.
Materi Pembelajaran : Mata kuliah ini menyajikan hakekat IPS fakta, konsep, dan generalisasi, sikap, keterampilan IPS, berbagai pendekatan, metode, dan strategi serta penilaian dalam pembelajaran IPS di SD.
|
42 |
A09171050 |
Pembelajara n PKn SD |
4 |
Bahan Kajian: Mata Kuliah ini mengkaji tentang hakikat pembelajaran PKn, Tujuan dan karakteristik pembelajaran PKn SD, ruang lingkup materi PKn SD, model-model pembelajaran PKn SD, pengembangan perangkat pembelajaran PKn SD, pengembangan media pembelajaran PKn SD, dan evaluasi pembelajaran PKn SD.
Materi Pembelajaran:
|
43 |
A09171052 |
Pembelajaran Terpadu |
2 |
Bahan Kajian : Mata Kuliah ini mengkaji tentang hakikat, konsep dasar, landasan, prinsip, dan model-model pembelajaran terpadu serta perancangan dan pengembangannya, keterampilan dasar mengajar konsep penilaian dan praktik pembelajaran terpadu.
Materi Pembelajaran : • Pengantar pembelajaran terpadu di SD • Hakikat dan konsep dasar pembelajaran terpadu • Landasan dan prinsip pembelajaran terpadu • Model-model pembelajaran terpadu secara umum • 3 model pembelajaran terpadu di SD • Perancangan pembelajaran terpadu di SD • Prosedur umum pembelajaran terpadu • Keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu • Konsep penilaian dalam pembelajaran terpadu • Mengembangkan perancangan pembelajaran terpadu • Praktik pembelajaran terpadu |
44
|
A09171034 |
Telaah Kurikulum SD |
2 |
Bahan Kajian : Bahan ajar ini di susun dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan perangkat kurikulum di Program Studi PGSD serta dapat menjadi referensi mahasiswa PGSD dalam mendalami Kurikulum.
Materi Pembelajaran :
|
45 |
A09171036 |
Evaluasi Pembelajaran di SD |
3 |
Bahan Kajian : Matakuliah ini menyajikan tentang konsep dasar penngukuran dan penilaian; syarat-syarat pokok instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran; perencanaan tes dan non tes; persyratan pelaksanaan tes; pengolahan data hasil penilaian; analisa instrumen penilaian; interpretasi hasil penilaian untuk mengambil keputusan; serta laporan data hasil penilaian.
Materi Pembelajaran : Setelah menyelesaiakan kuliah ini mahasiswa calon guru dasar memahami konsep pengukuran dan penilaian, prinsip dan prosedur penilaian, persyaratan instrumen penilaian yang baik; terampil merencanakan dan menyusun instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran, dan melaksanakan penilaian pembelajaran, serta mengolah dan mengalisis hasil penilaian pembelajaran; mampu menggunakan hasil penilaian, serta pemahaman awal tentang assesmen potofolia terhadap perkembangan anak. |
46 |
A09171010 |
Bimbinga dan Konseling di SD |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mampu menyajikan konsep dasar bimbingan di SD, teknik memahami perkembangan anak, layanan BK komprehensif, layanan bimbingan di SD, bimbingan belajar di SD, bimbingan bagi anak tuna cakap belajar, bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat, bimbingan bagi anak berpilaku bermasalah, bimbingan pengembangan wawasan karir anak, manajemen dan pendukung sistem bimbingan di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran :
|
47 |
A09171027 |
Penulisan Karya Ilmiah |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep penelitian pendidikan khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian Action Research, maupun penelitian pengembangan. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Materi Pembelajaran : Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kuantitatif, (4) konsep dan dasar pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dan dasar pelaksanaan PTK, (6) konsep dasar dan pelaksanaan penelitian pengembangan (R&D), dan (6) strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat bekerja di lingkungan persekolahan |
48 |
A09171025 |
Penelitian Tindakan Kelas |
3 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini memberi wawasan, sikap dan keterampilan seorang guru atau calon guru dalam melaksanakan sebuah Riset Penelitian Tindakan Kelas dalam upaya memperbaiki kinerja dan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Mata kuliah ini mengkaji hakikat penelitan tindakan kelas dan peran guru atau calon guru sebagai pengajar dan peneliti.
Materi Pembelajaran : Mata kuliah berisi tentang teori dan konsep tentang Hakikat Penelitian Tindakan Kelas, langkah-langkah penelitian tindakan kelas, merancang dan melaksanakan perbaikan dalam pembelajaran, menganalisis dean menginterprestasi data, serta tindak lanjut dan membuat laporan hasil penelitian serta diseminasi hasil riset PTK
|
49 |
A09171019 |
Micro Teaching |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini memberikan mahasiswa calon guru bimbingan dan pelatihan keterampilan mengajar sehingga mahasiswa calon guru siap mengikuti praktik lapangan kependidikan di sekolah dasar
Materi Pembelajaran : Pendekatan, model, metode dan strategi pembelajaran |
50 |
U001171006 |
Ilmu Sosial Budaya Dasar |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar adalah mata kuliah yang mengkaji masalah sosial dan masalah budaya serta keberadaan manusia sebagai subjek bagi masalah - masalah tersebut. Baik dihadapkan pada masalah sosial maupun masalah budaya, diharapkan mahasiswa yang menempuh mata kuliah ini dapat meningkat wawasannya, kepekaannya, serta berempati terhadap permasalahan tersebut maupun pemecahan masalahnya. ISBD akan memperluas pandangan bahwa masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya dapat didekati dari berbagai sudut pandang. Dengan wawasan ini mahasiswa tidak akan jatuh dalam sifat fanatisme bidang ilmu yang ditekuni. Karena sebuah ilmu secara mandiri tidak cukup mampu mengkaji dan menyelesaikan banyaknya permasalahan kemanusiaan, sosial, dan budaya yang dihadapi oleh manusia
Materi Pembelajaran : Pengertian Ilmu Sosial Budaya Dasar Manusa dan Kebudayaan Manusia sebagai makhluk Budaya Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial Manusia dan Peradaban Manusa, Keragaman dan Kesetaraan Manusia, Nilai, Moral dan Hukum Manusia, Sains, Teknologi, dan Seni Manusia dan Lingkungan |
51 |
U001171010 |
Ilmu Kealaman Dasar |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pembentukan alam semesta, planet, siklus air, teori awal kehidupan, teori evolusi,perbedaan manusia dan hewan dan perkembangan ilmu pengetahuan
Materi Pembelajaran :
|
52 |
U001171008 |
Kajian Lingkungan Hidup
|
2 |
Bahan Kajian : Memahami alasan Universitas Tadulako memilih Kajian Linkungan Hidup (KLH) sebagai Pola Ilmiah Pokok (PIP) dan mampu mengimplementasikannya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah kerusakan lingkungan hidup.
Materi Pembelajaran : Kajian lingkungan hodup sebagai pola ilmiah pokok UNTAD Konsep lingkungan hidup Peraturan dan kebijakan yang terkait lingkungan Kawasan konservasi dan kawasan lindung Pembanungan dan lingkungan Bencana dan lingkungan hidup Praktek lapangan |
|
||||
53 |
U001171007
|
Kewirausahaan |
2 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini sebagai pelajaran yang membentuk karakter wirausaha atau minimal mahasiswa menambah pengetahuan mahasiswa seluk beluk bisnis baik dari sisi soft skill maupun hard skill sehingga mahasiswa mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada di sekitarnya dalam menciptakan usaha sendiri setalah lulus maupun saat masih kuliah.
Materi Pembelajaran :
|
54 |
A00171005 |
PLP 1 |
4 |
Bahan Kajian : Mata kuliah ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan orientasi dan observasi, penyusunan persiapan mengajar tertulis, latihan mengajar, mengenal siswa, pengelolaan kelas, dan ujian praktek mengajar.
Materi Pembelajaran : Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa mendapatkan pengalaman kependidikan secara factual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan professional, yaitu tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah. |