PROFIL LULUSAN

Program Studi PGSD

Deskripsi Profil Lulusan Program Studi PGSD


 

PROFIL LULUSAN 

DESKRIPSI PROFIL LULUSAN 

Pendidik 

Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang baik dan bertanggung jawab. 

Peneliti Pemula/Asisten Peneliti  

yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.   

Praktisi dan Konsultan Pendidikan 

yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran,  membina ekstra kurikuler,bertanggungjawab dan memahami etika profesi dengan baik di tingkat pendidikan sekolah dasar.   

 


Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi


Aspek 

Capaian Pembelajaran Lulusan 

Sikap 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap relligius; 
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; 
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 
  8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. 

 

Aspek 

Capaian Pembelajaran Lulusan 

Pengetahuan 

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar; 
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar. 
  3. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP dan PJOK. 
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.’ 
  5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. 
  6. Menguasaikare konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar. 
  7. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar. 
  8. Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal 

Keterampilan 

Umum 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi     
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus 

  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. 
  2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.  
  3. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.  
  4. Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar     
  5. Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. 
  6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan 
  7. Mampu menerapkan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar. 
  8. Mampu menyelesaiakan permasalah dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearfian lokal 

 


Deskripsi Jenjang KKNI Program Sarjana


Prf 

Ranah 

Deskripsi Generik 

Deskripsi Spesifik 

 

Keterampilan kerja 

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah. 

  1. Menguasai ilmu kependidikan dan konsep-konsep ilmu pengetahuan pendidikan dasar untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada life skill peserta didik di SD-MI. 
  2. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS untuk           mendukung         pelaksanaan pembelajaran         kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler di SD-MI
  3. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif

Pengetahuan 

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian   masalah prosedural. 

Mempunyai konsep teoritis dan prinsip perencanaan, pengelolaan dan keterampilan dalam melakukan pelaksanaan, evaluasi  dan pengembangan pembelajaran lima bidang studi pendidikan dasar (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn ) di SD-MI yang berorientasi pada life skill peserta didik 

Manajerial 

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. Mampu Menggerakkan masyarakat untuk menjadi lebih berdayaguna (community development

  1. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan SD-MI dan memberikan saran kepada teman sejawat serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku. 
  2. Mampu melakukan riset  yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan SDMI 

Sikap/karakte r/kepribadian 

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. 

Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi di bidang pendidikan SD-MI dan pelaporan hasil kerja sekolah  (organisasi)